Monday, June 15, 2015

Solusi Atasi Layar S60v3 yang Error Saat Main Game

Assalamu'alaikum..
Sebetulnya sudah cukup lama saya berencana untuk mem-publish artikel ini di Cosmo TechZone. Namun baru sekarang saya bisa merealisasikannya, hehe.. :grin:

Artikel ini sengaja saya publish untuk sobat yang masih memiliki Nokia Symbian V3, khususnya Symbian V3 Landscape a.k.a S60v3 Qwerty (layar 320x240). Bagi sobat pengguna S60v3 Qwerty mungkin pernah mengalami gejala kejang-kejang saat main game, ahahahaha #ngaco
Ehh bukan itu, maksud saya gejala layar pecah/ layar kesemutan/ error/ remek atau apalah ketika bermain game.. Lebih jelasnya seperti terlihat di foto berikut ! :down:

layar error e63 saat ngegame

Foto diatas saya ambil saat saya sedang bermain game Crash Bandicoot Nitro Kart 3D. Apa sobat pernah mengalaminya ? Jika ya, maka sobat sudah berada diposisi yang tepat. Disini saya akan memberikan solusinya, yang (mungkin) belum pernah dibahas oleh Blogger lain. Langsung saja yukk tarik kebawah :D :down:

Pertama, Sobat harus punya aplikasi PyBelle. Kalo belum punya, nih saya sediakan link-nya !

PyBelle + Petunjuk Instalasi
download

Kedua, Tinggal buka/aktifkan saja PyBelle-nya ! Biarkan PyBelle tetap ON, mari kita coba mainkan game yang awalnya kita anggap error itu. Apa yang terjadi ??

cbnk on e63 w pybelle


Asyikk, akhirnya bisa nge-game tanpa error \ :mrgreen: /

Tapi, PyBelle-nya menggangu pemandangan saat main game min ! Bisa diantisipasi ngga ?

Ohh, itu. Tentu saja bisa sobat ! Kita akan geser PyBelle-nya dan membuat PyBelle hanya tampil 1 garis. Bagaimana caranya ?? Simak lagi tutor berikut :down:

Exit/Off dulu dari PyBelle,terus buka X-plore, lalu edit file E:\system\apps\topbar\topbar.ini
Kita edit bagian px dan py menjadi seperti digambar, lalu simpan.

set topbar ini

Kemudian kita ulangi cara Kedua tadi, dan kini kita bisa ber-game ria tanpa dihalangi PyBelle

cbnk on e63 wo pybelle

Sekian artikel bertopik Symbian Solutions ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semua visitor disini

No comments:
Write comments