Saturday, May 4, 2019

Kumpulan Perintah untuk Memanipulasi String pada PHP


1. Menghitung jumlah karakter.
<?php
$kalimat = "Saya sedang belajar PHP";
echo strlen($kalimat);
Hasil → 23

2. Menghitung jumlah kata.
<?php
$kalimat = "Saya sedang belajar PHP";
echo str_word_count($kalimat);
Hasil → 4

3. Membalik string.
<?php
$kalimat = "Saya sedang belajar PHP";
echo strrev($kalimat);
Hasil → PHP rajaleb gnades ayaS

4. Mengganti string.
<?php
$kalimat = "Saya sedang belajar PHP";
echo str_replace("sedang","sudah",$kalimat);
Hasil → Saya sudah belajar PHP

5. Huruf kapital pada karakter pertama.
<?php
echo ucfirst('saya sedang belajar php');
Hasil → Saya sedang belajar php

6. Huruf kapital pada karakter pertama tiap kata.
<?php
echo ucwords('saya sedang belajar php');
Hasil → Saya Sedang Belajar Php

7. Huruf kapital semua.
<?php
echo strtoupper('saya sedang belajar php');
Hasil → SAYA SEDANG BELAJAR PHP

8. Huruf kecil semua.
<?php
echo strtolower('sayA sedAnG beLajAR phP');
Hasil → saya sedang belajar php

9. Memecah string menjadi array.
<?php
$kalimat = 'saya sedang belajar php';
//memecah string, dengan 'spasi' sebagai pembatas/delimeter
$array_kalimat = explode(' ',$kalimat);
//memanggil item ke-2 dari $array_ kalimat
echo $array_kalimat[2];
Hasil → belajar

10. Mengambil sebagian string dari depan.
<?php
$kalimat = 'saya sedang belajar php';
//mengambil posisi string dari depan (0) lalu menampilkan 4 karakter pertama
$potong_kalimat=substr($kalimat,0,4);
echo $potong_kalimat;
Hasil → saya

11. Mengambil sebagian string dari belakang.
<?php
$kalimat = 'saya sedang belajar php';
//mengambil 3 karakter terakhir
$potong_kalimat=substr($kalimat,-3);
echo $potong_kalimat;
Hasil → php

12. Memotong string dari depan.
<?php
$kalimat = 'saya sedang belajar php';
//menghilangkan 5 karakter pertama
$potong_kalimat=substr($kalimat,5);
echo $potong_kalimat;
Hasil → sedang belajar php

13. Mengambil sebagian string di tengah.
<?php
$kalimat = 'saya sedang belajar php';
//mengambil posisi string ke-5 (dari depan) lalu menampilkan 14 karakter selanjutnya
$potong_kalimat=substr($kalimat,5,14);
echo $potong_kalimat;
Hasil → sedang belajar

1 comment:
Write comments